Tidak percaya diri atau insecure dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja, termasuk ketika kamu akan memulai hari baru di tempat kerja. Bagi seseorang yang baru memasuki dunia kerja terkadang rasa minder, cemas, dan grogi bisa saja muncul.
Hal ini wajar karena bagaimanapun kamu belum tahu pekerjaan apa yang akan kamu hadapi, siapa calon rekan kerja yang akan kamu temui, dan bagaimana lingkungan di perusahaan tempat kamu bekerja nanti. Meski begitu, jangan jadikan hal tersebut sebagai beban pikiran yang dapat menghilangkan rasa percaya diri kamu, ya.
Pasalnya, ketidakpercayaan diri yang berlebihan justru akan mempersulit kamu saat memulai hari baru. Nah, supaya kamu tetap pede, di bawah ini adalah lima cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa percaya diri di hari pertama bekerja.klik
1. Tetap tenang
Hari pertama bekerja menjadi satu momen yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Ketika akan memulai pekerjaan baru mungkin kamu akan mengalami perasaan tegang dan cemas. Meski hal ini wajar, tapi sebaiknya jangan terlalu fokus pada perasaan tersebut karena dikhawatirkan bisa memicu stres yang akan mempengaruhi pekerjaanmu menjadi tidak maksimal.
Dikutip The Muse, Steve Errey, seorang pelatih kepercayaan diri menjelaskan, pergi ke pekerjaan baru dengan penuh ketegangan tidak hanya akan membuat diri kamu menjadi stres, tapi juga akan membuat orang lain gelisah.Agen Domino99 Dan Poker Terpecaya Kamu akan menjadi rendah diri, cenderung tidak terbuka, dan tidak bisa melakukan pekerjaan hebat karena terlalu fokus pada diri sendiri.
Oleh karenanya, tetap tenang menjadi kunci utama untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jika perasaan cemas dan gugup muncul, cobalah untuk menarik napas panjang, lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Lakukan teknik ini secara stabil sampai kamu merasa lebih baik.
2. Ingat perjuanganmu
Perasaan minder kerap kali menghampiri ketika akan memulai hari baru di tempat kerja. Tentu kamu akan menemukan banyak rekan kerja dengan potensi yang luar biasa. Namun, jangan jadikan itu sebagai beban yang mengganggu pikiran.
Coba ingat kembali seberapa besar perjuanganmu untuk bisa sampai di titik ini. Ingat kembali semua usaha yang telah kamu lakukan untuk bisa diterima di perusahaan tersebut dan percayalah bahwa kamu diterima di perusahaan tersebut karena hasil dari kerja kerasmu selama ini.
“Ingatlah bahwa kamu berada di tempat kerja yang baru karena kamu terpilih di antara banyaknya kandidat sebagai orang terbaik untuk pekerjaan itu. Atasanmu memiliki kepercayaan kepadamu dan ingin kamu sukses, dan tugas mereka adalah membantumu berkembang dalam peran tersebut,” ujar Steve Errey.
3. Pahami dan jadilah diri sendiri
Sebelum memasuki dunia kerja yang begitu kompleks, memahami diri sendiri merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Setiap orang ingin terlihat menarik di hari pertama bekerja, tapi jangan sampai kamu menjadi orang lain.
Cobalah mencari tahu apa kelebihan dan kekuranganmu serta kemampuan apa yang kamu miliki. Sebab, memahami dan menjadi diri sendiri merupakan pondasi dasar untuk meningkatkan rasa percaya diri yang baik.
“Ketahui keunikanmu. Tidak ada orang lain yang dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan: kamu memiliki keterampilan, pengalaman, pemikiran, dan ide yang unik. Rayakan apa yang mendefinisikan dan membedakan kamu dengan yang lain,” ungkap Debra Wheatman, seorang Career Advice Expert, dikutip Live Career.
4. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain
Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa memotivasi kamu untuk mau belajar dan lebih berani dalam menetapkan tujuan. Namun di lain sisi, terus mengakui bahwa orang lain lebih unggul darimu hanya akan membuatmu tetap takut, merasa iri, dan tidak percaya pada diri sendiri.
Maka dari itu, berhentilah bersikap selalu menganggap bahwa kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang memiliki kekuatan, kelemahan, dan potensi masing-masing. Ini hari pertamamu bekerja,SahabatQQ maka tunjukkan bahwa kamu mampu berkontribusi dengan baik dan dapat bekerja sama dengan rekan-rekan kerja yang lain.
“Setiap orang menjalankan ras mereka sendiri dan hidup bukanlah kompetisi. Jika kamu merasa iri dengan kehidupan orang lain, ada baiknya mengingat kekuatan dan kesuksesan kamu sendiri. Buatlah jurnal rasa syukur untuk mengingat bidang-bidang kehidupanmu yang berharga. Ini akan membantu agar fokus pada kehidupanmu sendiri dibandingkan berfokus pada kehidupan orang lain,” ucap Amy Morin, psikoterapis dan penulis laris internasional, dikutip Verywell Mind.
5. Lakukan yang terbaik
Memulai pekerjaan baru memang tidak mudah. Mungkin kamu juga akan menerka-nerka seberapa banyak tugas yang nantinya akan diberikan dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Jangan khawatir, yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa menghadapinya.
Melakukan kesalahan-kesalahan kecil di hari pertama bekerja adalah normal. Tak perlu risau, teruslah mencoba, jangan malu bertanya, dan lakukan yang terbaik sesuai kemampuanmu. Meskipun tidak mudah, tapi itu bisa menjadi cara untuk membantu membangkitkan rasa percaya diri.
Menjelang hari pertama kerja, terkadang kita diselimuti oleh rasa takut dan gugup. Namun, jangan sampai hal itu menjadi pemicu hilangnya rasa percaya diri. Tetap tenang dan berusahalah untuk melakukan yang terbaik versi kamu. Semoga berhasil, ya.infounik
~ Jayasahabat.net ~
0 comments:
Post a Comment